serial_silat Peringkat Cerita Jin Yong (22) – Chen Mo

by:Kur

Chen Mo adalah salah satu ahli Jinology di Mainland China dan salah satu yang Jin Yong berikan ucapan terima kasih ketika menyelesaikan revisi edisi ke-3-nya. Chen Mo ini yang membuat ulasan Epilog Putri Harum dan Kaisar yang diposting beberapa waktu lalu.

Chen Mo tidak membuat peringkat cerita Jin Yong secara khusus, tetapi ada yang bisa disimpulkan dari komentar-komentar di pendahuluan buku-bukunya.

Di pendahuluan buku Shang Xi Jin Yong, Chen Mo menulis, dari 15 cerita Jin Yong ada "7 yang bagus, 8 yang kurang bagus". 7 yang bagus adalah Trilogi Rajawali, Medali Wasiat, Hina Kelana, Pendekar Negeri Tayli, dan Kaki Tiga Menjangan. Sisanya adalah 8 yang kurang bagus. Di dalam 7 yang bagus, ada 2 yang paling bagus yaitu Pendekar Negeri Tayli dan Kaki Tiga Menjangan.

Di pendahuluan buku Xi Pin Jin Yong, yang membahas secara detail cerita Sin Tiauw Hiap Lu, Hina Kelana, Pendekar Negeri Tayli, dan Kaki Tiga Menjangan, Chen Mo menulis bahwa 4 cerita yang dipilih untuk dibahas dalam buku tersebut adalah cerita Jin Yong yang menurutnya paling bagus. Chen Mo juga menambahkan bahwa dia paling suka dengan cerita Pendekar Negeri Tayli walaupun dia tahu bahwa secara nilai sastra dan pemikiran budaya, Kaki Tiga Menjangan lebih unggul dari Pendekar Negeri Tayli.

Dari komentar di atas bisa disimpulkan peringkat Chen Mo kurang lebih seperti di bawah ini, dengan angka yang dicantumkan adalah nilai peringkatnya. Judul yang tidak disebutkan dengan jelas peringkatnya diambil nilai rata-rata pada masing-masing kelompoknya.

1 –> Kaki Tiga Menjangan
2 –> Pendekar Negeri Tayli
3.5 –> Hina Kelana, Sin Tiauw Hiap Lu
6 –> To Liong To, Sia Tiauw Eng Hiong, Medali Wasiat
11.5 –> Pedang Hati Suci, Rase Terbang dari Pegunungan Salju, Putri Harum dan Kaisar, Kisah Tambahan si Rase Terbang, Pedang Ular Emas, Sepasang Golok Mustika, Kuda Putih, Pedang Gadis Yueh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s