serial_silat Keunikan pertama dari Demi Gods and Semi Devils (DGSD)

by: Kur

Hallo Eve,

Wah, lagi rajin baca cersil yah.

Memang ada yang menganggap Hina Kelana karya terbaik Jin Yong. Tapi menurut saya, Kaki Tiga Menjangan masih lebih bagus daripada Hina Kelana. Tetapi yang paling bagus dari semuanya masih tetap Pendekar Negeri Tayli. Cerita yang satu ini menggetarkan jiwa. Jadi Eve harus cepat-cepat bereskan kerjaannya supaya bisa baca Pendekar Negeri Tayli. Hehe…

Beberapa tahun lalu saya pernah menulis komentar pribadi tentang Pendekar Negeri Tayli (Demi-Gods and Semi-Devils), agak panjang dan bisa dibaca di bawah ini. Tapi komentar ini cukup banyak menceritakan isi ceritanya, jadi kalau gak mau kehilangan surprise waktu baca bukunya, mungkin komentar ini gak usah dibaca dulu.

=====

Ada 4 hal mengapa menurut saya cerita ini unik dan bagus.

Keunikan pertama dari DGSD adalah banyak tokoh dalam cerita ini yang mempunyai "hubungan darah atau hubungan penting lainnya" yang ketika pertama kali bertemu mereka tidak tahu bahwa mereka mempunyai hubungan seperti itu. Untuk yang sudah tahu ceritanya bisa coba menjawab pertanyaan ini. Apa hubungan Qiao Feng dengan Duan Yu? Apa hubungan Duan Yu dengan Xu Zhu? Xu Zhu dengan Qiao Feng? Qiao Feng dengan Murong Fu? Murong Fu dengan Duan Yu? Menggu dengan Wang Yuyan?

Jawabannya:

Qiao Feng – Duan Yu = kekasih Qiao Feng, A Zhu dan A Zi adalah "adik" Duan Yu. Salah satu kekasih ayah Duan Yu, Madam Ma, selalu mengejar-ngejar Qiao Feng dan kemudian mengadu domba Qiao Feng untuk membunuh ayah Duan Yu.

Duan Yu – Xu Zhu = ayah kandung Duan Yu, Duan Yanqing adalah ketua 4 penjahat besar yang salah satu anggotanya, Ye Er Niang, adalah ibu kandung Xu Zhu.

Xu Zhu – Qiao Feng = ayah kandung Xu Zhu, kepala biara Shaolin, Xuan Ci, adalah "sang ketua" yang dicari-cari Qiao Feng, yang menyebabkan Qiao Feng menjadi yatim piatu sejak bayi.

Qiao Feng – Murong Fu = Ayah Qiao Feng (Xiao Yuanshan) dan ayah Murong Fu (Murong Bo) adalah musuh bebuyutan yang memicu kekacauan dalam dunia persilatan selama puluhan tahun.

Murong Fu – Duan Yu = Murong Fu adalah keponakan Wang Ahluo, salah satu istri ayah Duan Yu.

Menggu – Wang Yuyan = nenek Wang Yuyan adalah saudara seperguruan nenek Menggu, Li Qiushui.

Masih ada hubungan-hubungan seperti ini dalam DGSD, misalnya, apa hubungan A Zi, A Zhu, Wang Yuyan, Duan Yu, Zhong Ling dan Mu Wanqing? Semuanya adalah "anak" Duan Zhengchun. "Ayah kandung" Duan Yu dan "ayah bukan kandung" Duan Yu juga ternyata masih mempunyai hubungan saudara yaitu Duan Yanqing dan Duan Zhengchun.

Yang perlu dicatat ulang adalah, hubungan-hubungan ini unik karena ketika tokoh-tokoh tersebut bertemu dan berinteraksi, mereka tidak tahu bahwa mereka mempunyai hubungan seperti itu.

Dengan banyaknya hubungan seperti ini dan dengan rentang usia tokoh-tokohnya yang mulai dari 20 tahun sampai 100 tahun, DGSD bagaikan kisah sebuah keluarga besar 4 generasi yang terjadi dalam 5 negara (Song, Dali, Xi Xia, Yan, dan Liao).

Keunikan kedua dari cerita DGSD adalah, ceritanya penuh dengan ironi. Ironi adalah keadaan yang terjadi tidak sesuai dengan yang dikira atau diharapkan.

Xu Zhu yang mengira dirinya yatim piatu, ternyata ayahnya tidak jauh darinya dan masih tinggal dalam satu biara.

Madam Ma adalah wanita jahat dan menggunakan kecantikannya untuk mewujudkan ambisinya menjadi wanita terkemuka. Ia meninggal karena terkejut waktu bercermin melihat wajahnya yang mengerikan sesudah dirusak A Zi.

A Zhu menggunakan keahlian menyamarnya untuk menyamar menjadi ayah kandungnya (Duan Zhengchun) dan dipukul mati oleh kekasihnya Qiao Feng yang ingin membalas dendam. Duan Zhengchun sendiri ternyata bukan orang sesungguhnya yang dicari Qiao Feng dan hanya diadu domba oleh Madam Ma yang membalas menipu A Zhu ketika A Zhu menyamar sebagai Bai Sijing tapi tidak bisa menyebut kode rahasia "kue bulan manis atau kue bulan asin"

Duan Yanqing berusaha mati-matian membalas dendam kepada Duan Zhengming dan Duan Zhengchun yang dianggapnya telah merebut tahta Dali yang menjadi haknya. Ketika keinginannya tidak tercapai, yang kemudian menjadi raja Dali adalah Duan Yu, yang ternyata anak kandungnya sendiri.

Qiao Feng difitnah oleh seseorang sehingga dituduh membunuh banyak tokoh, termasuk membunuh ayah dan ibu pengasuhnya sendiri dan menyebabkannya dibenci oleh dunia persilatan. Ternyata orang yang memfitnahnya adalah ayah kandungnya sendiri, dengan "tujuan baik" supaya Qiao Feng membalas membunuh semua orang dunia persilatan yang membencinya.

Murong Fu menggunakan cara keji untuk mewujudkan ambisinya mendirikan negeri Yan. Keinginannya tidak tercapai dan ia menjadi gila. Ia menganggap dirinya sudah menjadi raja negeri Yan, padahal dalam kenyataannya ia hanya sedang bermain dengan anak-anak kecil yang memanggilnya raja.

Murong Bo dan Xiao Yuanshan yang musuh bebuyutan, ternyata keduanya sama-sama berada dalam perpustakaan Shaolin selama sepuluh tahun, tapi tidak saling mengetahui dan hanya saling mengenal "bayangan" – nya. Akhirnya kedua tokoh ini dimatikan oleh penjaga perpustakaan Shaolin dan mereka bisa hidup kembali hanya jika keduanya saling menghidupkan satu sama lain. Kemudian keduanya berdamai dan menjadi biksu Shaolin.

Tianshan Tonglao dan Li Qiushui seumur hidup saling membenci karena memperebutkan cinta saudara seperguruan mereka Wu Yazi, dan menganggap Wu Yazi mencintai salah satu dari mereka. Setelah bertempur mati-matian di umur mereka yang hampir 100 tahun dan saling melukai, pada detik-detik terakhir sebelum kematiannya mereka melihat gambar yang dibawa Xu Zhu dan baru menyadari bahwa ternyata Wu Yazi mencintai adik seperguruannya yang lain (nenek Wang Yuyan).

Zhong Ling dan Mu Wanqing mencintai Duan Yu, tapi ternyata mereka "adik kandung" Duan Yu dan tidak bisa menjadi kekasih Duan Yu. Duan Yu sendiri mencintai Wang Yuyan. Belakangan ketahuan ternyata Wan Yuyan juga "adik kandung" Duan Yu. Tapi kemudian ketahuan lagi bahwa ternyata Duan Yu bukan anak kandung Duan Zhengchun dan ia bisa menikahi Wang Yuyan. (dan sebenarnya juga bisa menikahi Zhong Ling atau Mu Wanqing)

Keunikan ketiga dari cerita DGSD adalah penggambaran cerita yang indah.

Biksu yang dimintai tolong untuk menyelamatkan Duan Yu harus melawan Duan Yanqing dalam permainan catur. Untuk menentukan siapa yang berhak melakukan langkah pertama dalam pertandingan catur tersebut, sang biksu melemparkan tebakan, apakah pada umur 70 tahun jumlah jari kakinya genap atau ganjil. Duan Yanqing menjawab genap. Ketika sang biksu memperlihatkan kedua kakinya ternyata memang jumlah jari kakinya genap (10). Tapi kemudian sang biksu memotong salah satu jari kakinya dan mengatakan bahwa tahun itu ia berumur 69 tahun dan berarti pada umur 70 tahun jumlah jari kakinya ganjil (9). Sang biksu berhak melakukan langkah pertama pada pertandingan catur tersebut.

Madam Ma mengatakan pada Duan Zhengchun bahwa kalau Duan Zhengchun mengkhianati cintanya maka ia akan menggigiti tubuh Duan Zhengchun. Karena Duan Zhengchun memang mengkhianatinya, ketika mereka bertemu kembali Madam Ma meracuni Duan Zhengchun dan kemudian benar-benar menggigiti tubuh Duan Zhengchun.

Pertemuan para pendekar di Shaolin yang akan membahas "masalah Qiao Feng" menjadi pertemuan yang mengungkapkan banyak kejutan dan rahasia. Di pertemuan ini pertama kalinya ketiga saudara angkat Qiao Feng, Duan Yu, dan Xu Zhu berkumpul bersama. Di pertemuan ini pertama kalinya Qiao Feng bertemu ayah kandungnya Xiao Yuanshan, Pertama kalinya Murong Fu bertemu dengan ayah kandungnya Murong Bo. Pertama kalinya Xu Zhu bertemu dengan ibu kandungnya, Ye Er Niang, dan sekaligus mengetahui bahwa kepala biara Shaolin adalah ayah kandungnya, dan kedua orang tuanya ini langsung meninggal pada pertemuan itu juga. Pertama kalinya Xiao Yuanshan bertemu dengan musuh bebuyutannya Murong Bo, sekaligus bertemu dengan perantara konflik di antara mereka, kepala biara Shaolin, Xuan Ci.

Karena kecewa cintanya dikhianati suaminya yang pangeran Dali (Duan Zhengchun), Dao Baifeng melakukan pembalasan dengan berhubungan badan dengan laki-laki yang paling jelek, hina, dan kotor yang pertama kali dilihatnya. Laki-laki itu adalah Duan Yanqing yang saat itu terluka berat hingga badannya tidak berbentuk. Kemudian Dao Baifeng hamil dan melahirkan Duan Yu.

Lima dari enam istri Duan Zhengchun yang selalu bertengkar memperebutkan cinta Duan Zhengchun meninggal pada saat yang bersamaan dan dalam satu ruangan, dibunuh oleh Murong Fu yang masih keponakan Wang Ahluo, salah satu dari kelima wanita tersebut.

Karena cintanya yang tulus, You Tanzhi yang wajahnya sudah rusak disebabkan oleh A Zi, merelakan bola matanya untuk dicabut dan diberikan kepada A Zi, supaya A Zi yang buta bisa melihat kembali. Ketika Qiao Feng bunuh diri dan A Zi yang mencintainya mau menerjunkan diri ke jurang bersama mayat Qiao Feng, tiba-tiba You Tanzhi datang mencari A Zi. Mengingat nasihat Qiao Feng bahwa ia berutang budi kepada You Tanzhi dan harus membalas cintanya, maka A Zi mencungkil kedua bola matanya dan melemparkan dan mengembalikannya kepada You Tanzhi.

Keunikan keempat dari cerita DGSD adalah temanya tentang "Demi Gods and Semi Devils" atau "Setengah dewa dan setengah iblis". Judul Demi Gods and Semi Devils ini tepat dengan isi ceritanya. Istilah ini juga bisa menjadi pelajaran berharga, bahwa dalam diri setiap manusia ada sisi dewanya dan ada juga sisi iblisnya. Tidak ada manusia sempurna yang semuanya serba baik dan juga tidak ada manusia yang semuanya serba jahat.

Mungkin bisa dilihat dari tokoh Xuan Ci yang sudah menjadi kepala biara Shaolin tapi masih tetap berzinah dengan Ye Er Niang.

Atau tokoh A Zi yang jahat, tapi cinta tulusnya kepada Qiao Feng tidak kurang dari cinta sejati A Zhu kepada Qiao Feng.

Duan Zhengchun mencintai banyak wanita, bukan berarti dia sudah tidak cinta kepada wanita-wanita lainnya, tapi karena ia sungguh-sungguh mencintai semuanya sekaligus. (Alasan bagus untuk para pria hidung belang hehehe….).

Keinginan Murong Fu untuk mendirikan kembali dinasti keluarganya merupakan cita-cita mulia, walaupun ia berusaha mewujudkannya dengan cara-cara yang jahat.

Apakah Xiao Yuanshan yang telah mengacaukan dunia persilatan dan menyebabkan banyak orang terbunuh bisa benar-benar dipersalahkan, karena orang-orang dunia persilatan telah lebih dulu menghancurkan hidup dan keluarganya tanpa alasan?

Keempat keunikan di atas dipadu dalam alur cerita yang penuh persaingan, intrik, tipu muslihat, kejar-kejaran, teka-teki, kejutan, percintaan, dan bahkan komedi. Cerita yang panjang dan rumit ini dibagi menjadi 50 bab dan disusun dengan rapi oleh Jin Yong.

Dengan ciri-ciri yang disebut di atas saya menganggap Demi Gods and Semi Devils adalah cerita silat terbaik.

4 thoughts on “serial_silat Keunikan pertama dari Demi Gods and Semi Devils (DGSD)

  1. pendi berkata:

    18 tapak naga adalah jurus andalan kaypang. tentu saja warisan dari gurunya. hampir semua cerita chin yung, ketua kaypang mewarisi jurus ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s